Entri yang Diunggulkan

ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM INTERAKSI ANTAR SANTRI PON-PES RAUDLATUL ULUM I (Kajian Sosiolinguistik)

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1                    Bentuk-bentuk Alih Kode Bentuk alih kode bahasa Madura ke dalam bahasa Indonesia yang ditemukan berupa kalimat antara lain kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat seru dan kalimat berita. 4.1.1         Alih Kode Kalimat Berita Alih kode struktur kalimat berita pada penelitian ini terdiri atas beberapa jenis  kalimat,  antara lain struktur kalimat aktif dan pasif. Struktur kalimat berita yang berbentuk kalimat aktif dan pasif banyak ditemui dalam percakapan yang   dilakukan antara petugas jam belajar pesantren dengan santri di waktu jam belajar berlangsung. Hal tersebut dapat diamati berikut ini: (4. 1 .1/ Ak.1) Santri           : Untuk pembacaan . Ustadzah    : Sudah? Kalo sudah sekarang, jelaskan tentan...

Laporan Individu PPL/PPK



LAPORAN INDIVIDU PROGRAM PRAKTEK KEGURUAN (PPK)
DI MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM SUKOSARI GONDANGLEGI MALANG PERIODE 2015-2016





OLEH
AHMAD DARIK
NPM: 20120840001013


PUSAT PENGEMBANGAN PROFESI DAN PRAKTEK KEGURUAN
IKIP BUDI UTOMO MALANG
2015



NOTA PERSETUJUAN
LAPORAN PRAKTIK PEMBELAJARAN

Setelah memeriksa dan menelaah naskah Laporan Praktik Pembelajaran yang ditulis oleh:
NIMKO                      :2012.4.084.0001.1.00702
Nama Praktikan          : Ahmad Darik
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas                           : XI
Madrasah                    : MA Darul Ulum
maka saya nyatakan bahwa naskah laporan tersebut telah memenuhi syarat untuk titandaskan.
Demikian harap dijadikan perhatian.

Mengetahui:                                                                Malang, 10 November 2015
Kepala MA Darul Ulum                                                         Guru Pamong,


Drs. H. Amin Taufiq, S.Pd, M.M                                           Dra. Tri Astutik, S.Pd



YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM DARUL ULUM
                   MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM
                                TERAKREDITASI : B   NSM : 131235070007   NPSN : 20584208
                                Jl. Raya Sukosari No. 27 Gondanglegi 65174 Malang Telp. 0341-877979



SURAT PENGESAHAN
Nomor: 518.185/MA-DU/k.ppl/XI/2015


Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Madrasah Aliyah Darul Ulum menerangkan dengan sebenarnya bahwa:

NPM                           :20120840001013
NIMKO                      :2012.4.084.0001.1.00702
Nama Praktikan          : Ahmad Darik
Lembaga Asal             : IKIP Budi Utomo Malang

mulai tanggal 01 Oktober 2015 hingga 10 November 2015 telah melaksanakan kegiatan Program PraktikKeguruan (PPK) di:

Lembaga                     : Madrasah Aliyah Darul Ulum
Alamat Lembaga         : Jl. Raya Sukosari No. 27 Gondanglegi 65174 Malang

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk bisa digunakan sebagimana mestinya.

Malang, 10 Nopember 2015
Kepala MA Darul Ulum


Drs. H. Amin Taufiq, S.Pd, M.M
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena atas segala rahmat dan nikmat-Nyakami dapat menyelesaikan penyusunan laporan Program PraktikKeguruan (PPK)tahun akademik 2015/2016 ini, tidak lupa shalawat serta salam kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW, karena atas jasa beliau yang begitu besar kita dapat terhindar  dari kesesatan yang dapat menjauhkan kita dari Allah SWT.
Penyusunan laporan ini tidak dapat diselesaikan dengan baik tanpa peransertaberupa dukungan danatau bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada :
1.      BapakModhofar selaku Dosen Pembimbing Lapangan;
2.      Bapak Drs. Amin Taufiq, S.Pd., M.M. selaku Kepala Madrasah MADarulUlum;
3.      Bapak dan Ibu guru Pamongbeserta Staf MADarulUlum;
4.      Semua pihak yang turut membantu terselesaikannya laporan ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih terdapat banyak kelemahan dan kekurangan. Oleh kerena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran sebagai acuan perbaikanmembuat laporan.


  Malang, 10  Nopember 2015
Penyusun



AHMAD DARIK





DAFTAR ISI
NOTA PERSETUJUAN...................................................................................... i
SURATKETERANGAN..................................................................................... ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................... iii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iv
1.      BAB I : MASALAH-MASALAH YANG DIALAMI SELAMA PELAKSANAAN PROGRAM PRAKTEKKEGURUAN........................................................................... 1
2.      BAB II FAKTOR PENYEBAB DARI MASALAH YANG DIALAMI.... 3
3.      BAB III UPAYA PENANGGULANGAN PERMASALAHAN YANG DIALAMI SELAMA PELAKSANAAN PPL............................................................................... 5
4.      BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.................................................... 7
5.      REFLEKSI DIRI......................................................................................... 8
6.      LAMPIRAN-LAMPIRAN......................................................................... 11

 














BAB I
MASALAH – MASALAH YANG DIHADAPI SELAMA PELAKSANAAN PRAKTIK PROGRAM KEGURUAN (PPK)
1.1  Penyusunan RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah salah satu persiapan dalam praktik mengajar. Sebelum penulis terjun langsung ke kelas dan setelah melakukan observasi sebelumnya, penulis diberikan kesempatan untuk membuat Perangkat Pembelajaran diantaranya adalah RPP. Namun masalah bahasa, penerapan, dan penggunaan kata kerja tingkat kemampuan dalam menuangkan kompetensi dasar, indikator, dan materi dalam RPP sedikit menjadi kendala. Selain itu RPP yang disusun terkadang kurang tepat dari penerapan di depan kelas dikarenakan penyesuaian dengan situasi dan kondisi yang ada.
1.2  Latihan Praktik Mengajar
Latihan praktik mengajar merupakan kegiatan yang paling utama dalam pelaksanaan PPK dan dibimbing oleh guru pamong di sekolah tempat guru praktikan melaksanakan PPK. Dalam bimbingan tersebut guru praktikan diharapkan menjadi calon guru atau calon tenaga kependidikan lain yang profesional. Praktik mengajar pun menjadi salah satu penilaian yang utama oleh Dosen Pembimbing Lapangan. Adapun beberapa kendala yang praktikan alami selama melaksanakan praktik mengajar di MA Darul Ulum diantaranya
a.       Praktikan masih merasakan adanya rasa kurang percaya diri dalam menghadapi situasi kelas yang sebenarnya.
  1. Praktikan belum mampu menghadapi aksi dan reaksi dari anak didik.
  2. Praktikan belum mampu memfokuskan materi pembelajaran dikala guru pamong turut mengawasi aktivitas yang berlangsung didalam kelas selama praktikan mengajar.
1.3  Partisipasi di Sekolah Latihan
Di sekolah latihan selain melakukan praktik latihan mengajar, juga ikut serta dalam kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar. Misalnya membantu di tata usaha (TU), membantu kegiatan OSIS, dan membantu kerja bakti.
1.4  Proses Bimbingan dengan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing
Kendala yang dialami pada saat melakukan bimbingan baik dengan guru pamong maaupun dosen pembimbing adalah waktu, karena belum tentu pada saat menginginkan bimbingan dengan guru pamong maupun dosen pembimbing beliau bisa mendampingi. Ditambah lagi kantor praktikan dan kantor guru pamong di pisah, di karenakan praktikan hanya mengajar di kelas putra sedangkan guru pamong mengajar di kelas putri.
1.5  Lain – Lain
Selain beberapa masalah yang dihadapi diatas, ada beberapa masalah yang dialami pada saat pelaksanaan PPK di MA Darul Ulum, diantaranya, waktu pelaksanaan PPK yang hanya dua bulan. Hal tersebut yang menjadi masalah bagi mahasiswa praktikan karena waktu dua bulan adalah waktu yang sangat singkat untuk menggali informasi dan pengalaman sekolah latihan.



BAB II
FAKTOR PENYEBAB DARI MASALAH YANG DIALAMI
2.1  Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Adapun sebab – sebab yang memuat praktik mengalami kesulitan dalam menyusun RPP yaitu :
a.       Sulitnya mengalokasi waktu dan jumlah pertemuan di karenakan praktikan memegang dua buku yaitu Lembar Kompetensi Siswa (LKS) dan buku pegangan untuk guru.
b.         Di karenakan ruang guru pamong dan ruang guru praktikan di pisah, sehingga praktikan dan guru pamong jarang ada komunikasi.
2.2  Latihan Praktik Mengajar
Masalah – masalah yang terjadi saat latihan praktik mengajar yaitu :
a.       Dalam mengelola kelas saya sering mengalami kesulitan. Adapun penyebab yaitu ada beberapa siswa yang sulit diatur, terkadang menyepelekan guru praktikan.
b.         Pada saat didampingi guru pamong akan terlihat grogi dan kurang percaya diri karena tidak bisa mengajar dengan leluasa, merasa takut apabila ada kata – kata yang salah diucapkan.
2.3  Bimbingan belajar / Extrakulikuler
Masalah yang dihadapi oleh praktikan dalam kegiatan ekstrakurikuler ini adalah membimbing siswa pada saat latihan upacara bendera. Dimana praktikan juga mendapatkan kesulitan untuk mengkoordinasi siswa, sehingga banyak siswa pada saat latihan banyak yang bermain.
2.4  Partisipasi di Sekolah Latihan
Ketika praktikan melakukan partisipasi di sekolah latihan ada beberapa masalah yang dihadapi yaitu:
a.       Jadwal piket yang telah dibentuk berbenturan dengan jadwal mengajar, sehingga praktikan tidak dapat melaksanakan piket.
b.      Pada saat pelaksanaan upacara bendera, pelaksanaanya sering terlambat dan selesainya pun tidak tepat waktu karena yang digunakan untuk mengatur peserta upacara khusus siswa. Karena kalau tidak ada yang memandu untuk baris – berbaris mereka akan seenaknya sendiri, sehingga barisan tidak teratur dan rapi.

2.5  Proses Bimbingan dengan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing
Dalam hal ini kendala yang sering dihadapi mengenai masalah waktu. Kepadatan jadwal dosen pembimbing dan guru pamong membuat praktikan mengalami kesulitan apabila ingin melakukan bimbingan di tamana lagi ruang guru pamong dan guru praktikan di pisah jadi jarang ada komunikasi dengan guru pamong.
2.6  Lain - Lain
Untuk masalah yang lain, keterlambatan siswa untuk hadir di MA Darul Ulum. Yang seharusnya masuk jam 06:30 tapi masih ada yang datang pada jam 07:15. Dan ketika praktikan punya jam pertama ngajar, praktikan datang jam 06:30 tapi terkadang kantornya masih tutup dan siswa yang hadir masih sedikit

 


BAB III
UPAYA PENANGGULANGAN MASALAH
3.1  Penyusunan RPP
Dalam penyusunan RPP sebaiknya :
a.       Praktikan memutuskan untuk menggunakan Lembar Kompetensi Siswa (LKS)  sebagai bahan ajar, sehingga mempermudah dalam mengalokasi wakti.
b.    Guru pamong memberikan penjelasan bagaimana menentukan indikator yang tepat sesuai dengan alokasi waktu.
c.     Praktikan mendatangi kantor guru pamong untuk meminta bimbingan dan RPP sebagai bahan rujukan untuk menyusun RPP
3.2  Latihan Praktik Mengajar
Dalam latihan praktik mengajar sebaiknya praktikan meningkatkan rasa percaya diri, sehingga kendala-kendala yang mungkin timbul dapat diantisipasi oleh guru praktikan.
3.3  Bimbingan Belajar / Ekstrakurikuler

Siswa MA Darul Ulum Sukosari Gondanglegi, banyak memiliki bakat dan potensi yang biasa dikembangkan dan disalurkan dalam bidang ekstrakurikuler. Oleh karena itu,  tertentunya sangat membutuhkan dukungan materi dan moril pihak sekolah maupun guru Dukungan tersebut sangat diperlukan dan dibutuhkan oleh siswa yang aktif guna mengembangkan potensi yang dimilikinya.
3.4  Partisipasi di Sekolah Latihan
Upaya yang harus dilakukan sehubungan dengan masalah yang timbul adalah masing-masing pihak yang berkepentingan disekolah hendaknya menerapkan kedisiplinan yang mengarah pada terciptanya kesadaran masing masing pihak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya khususnya dalam ketepatan waktu.
3.5  Proses Bimbingan dengan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing
Praktikan dituntut untuk dapat memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin sehingga akan mengurangi waktu yang kurang termanfaatkan dengan baik.
3.6  Lain-lain
Upaya yang harus dilakukan sehubungan dengan masalah yang timbul adalah sebagai berikut :
a.       Menanamkan pemahaman kepada peserta didik akan arti pentingnya kehadiran mahasiswa PPK.
b.      Perlu upaya untuk menambah koleksi perpustakaan sehingga diharapkan peserta didik akan lebih tertarik untuk membacanya.
c.       Menanamkan kedisiplinan kepada siswa agar lebih bisa menghargai waktu.

 




 
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1  Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil dari pelaksanaan PPK ini adalah :
a.       Memperoleh pengalaman yang berharga dalam hal mempraktikan proses belajar mengajar yang sesungguhnya.
b.      Untuk terwujudnya proses pembelajaran yang berkualitas praktikan dituntut untuk membekali diri dengan berbagai macam ilmu sehingga dapat meminimalisasi kendala yang mungkin timbul.
c.       Praktikan dituntut untuk memahami tentang profesi guru yang mana tidak hanya mengajar tetapi juga mendidik.
d.      Praktikan mendapatkan kesempatan untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh dibangku perkuliahan, sehingga diharapkan praktikan denganilmunya mampu menjadi tenaga kependidikan yang profesional.
4.2  Saran
Dari pelaksanaan PPK praktikan menyarankan :
a.       Mahasiswa PPK diharapkan mampu menerapkan ilmu yang diperolehnya untuk dipraktikan dalam kegiatan belajar mengajar yang sesungguhnya . Hal itu akan dapat tercapai apabila mahasiswa PPK terus melakukan pembelajaran khususnya dalam bidang pendidikan.
b.      Pihak sekolah sebagai wahana mahasiswa PPK mempraktikan ilmunya sebaiknya menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung guna terciptanya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.











Comments

Popular posts from this blog

NASKAH TEATRIKAL PUISI "KARAWANG-BEKASI" KARYA CHAIRIL ANWAR

NASKAH TEATRIKAL PUISI (Dialog Bukit Kamboja)

PUISI TENTANG GURU/KIYAI: SANG LENTERA