LAPORAN INDIVIDU PROGRAM PRAKTEK KEGURUAN (PPK)
DI MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM
SUKOSARI GONDANGLEGI MALANG PERIODE 2015-2016
OLEH
AHMAD DARIK
NPM: 20120840001013
PUSAT PENGEMBANGAN PROFESI DAN
PRAKTEK KEGURUAN
IKIP BUDI UTOMO MALANG
2015
NOTA PERSETUJUAN
LAPORAN PRAKTIK PEMBELAJARAN
Setelah memeriksa dan menelaah naskah Laporan Praktik Pembelajaran
yang ditulis oleh:
NIMKO :2012.4.084.0001.1.00702
Nama Praktikan :
Ahmad Darik
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XI
Madrasah :
MA Darul Ulum
maka saya nyatakan bahwa naskah laporan tersebut telah memenuhi
syarat untuk titandaskan.
Demikian harap dijadikan perhatian.
Mengetahui: Malang,
10 November 2015
Kepala MA Darul Ulum Guru
Pamong,
Drs. H. Amin Taufiq, S.Pd, M.M Dra.
Tri Astutik, S.Pd
YAYASAN
PENDIDIKAN ISLAM DARUL ULUM
MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM
TERAKREDITASI :
B NSM : 131235070007 NPSN : 20584208
Jl. Raya
Sukosari No. 27 Gondanglegi 65174 Malang Telp. 0341-877979
SURAT PENGESAHAN
Nomor: 518.185/MA-DU/k.ppl/XI/2015
Yang
bertanda tangan di bawah ini, Kepala Madrasah Aliyah Darul Ulum menerangkan
dengan sebenarnya bahwa:
NPM :20120840001013
NIMKO :2012.4.084.0001.1.00702
Nama Praktikan : Ahmad Darik
Lembaga Asal : IKIP Budi Utomo Malang
mulai tanggal
01 Oktober 2015 hingga 10 November 2015 telah melaksanakan kegiatan Program PraktikKeguruan (PPK) di:
Lembaga : Madrasah Aliyah Darul
Ulum
Alamat Lembaga : Jl. Raya Sukosari No. 27 Gondanglegi
65174 Malang
Demikian surat
keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk bisa digunakan sebagimana
mestinya.
Malang,
10 Nopember 2015
Kepala
MA Darul Ulum
Drs.
H. Amin Taufiq, S.Pd, M.M
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada
Allah SWT, karena atas segala rahmat dan nikmat-Nyakami dapat menyelesaikan
penyusunan laporan Program PraktikKeguruan
(PPK)tahun akademik 2015/2016 ini, tidak lupa shalawat serta salam kami curahkan
kepada Nabi Muhammad SAW, karena atas jasa beliau yang begitu besar kita dapat terhindar
dari kesesatan yang dapat menjauhkan kita dari Allah SWT.
Penyusunan laporan ini tidak dapat
diselesaikan dengan baik tanpa peransertaberupa dukungan danatau bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu,
penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada :
1.
BapakModhofar selaku Dosen Pembimbing Lapangan;
2.
Bapak Drs. Amin Taufiq, S.Pd.,
M.M. selaku Kepala Madrasah MADarulUlum;
3.
Bapak dan Ibu guru Pamongbeserta Staf MADarulUlum;
4.
Semua pihak yang turut membantu
terselesaikannya laporan ini.
Penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih terdapat banyak kelemahan dan kekurangan. Oleh kerena itu, penulis
mengharapkan kritik dan saran sebagai acuan perbaikanmembuat laporan.
Malang, 10 Nopember 2015
Penyusun
AHMAD DARIK
DAFTAR
ISI
NOTA PERSETUJUAN...................................................................................... i
SURATKETERANGAN..................................................................................... ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................... iii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iv
1. BAB
I : MASALAH-MASALAH YANG DIALAMI SELAMA PELAKSANAAN PROGRAM PRAKTEKKEGURUAN........................................................................... 1
2. BAB
II FAKTOR PENYEBAB DARI MASALAH YANG DIALAMI.... 3
3. BAB
III UPAYA PENANGGULANGAN PERMASALAHAN YANG DIALAMI SELAMA PELAKSANAAN PPL............................................................................... 5
4. BAB
IV KESIMPULAN DAN SARAN.................................................... 7
5. REFLEKSI
DIRI......................................................................................... 8
6. LAMPIRAN-LAMPIRAN......................................................................... 11
BAB I
MASALAH – MASALAH YANG DIHADAPI SELAMA PELAKSANAAN PRAKTIK
PROGRAM KEGURUAN (PPK)
1.1 Penyusunan RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah salah satu
persiapan dalam praktik mengajar. Sebelum penulis terjun langsung ke kelas dan
setelah melakukan observasi sebelumnya, penulis diberikan kesempatan untuk
membuat Perangkat Pembelajaran diantaranya adalah RPP. Namun masalah bahasa,
penerapan, dan penggunaan kata kerja tingkat kemampuan dalam menuangkan
kompetensi dasar, indikator, dan materi dalam RPP sedikit menjadi kendala.
Selain itu RPP yang disusun terkadang kurang tepat dari penerapan di depan
kelas dikarenakan penyesuaian dengan situasi dan kondisi yang ada.
1.2 Latihan Praktik Mengajar
Latihan praktik mengajar merupakan kegiatan yang paling
utama dalam pelaksanaan PPK dan dibimbing oleh guru pamong di sekolah tempat
guru praktikan melaksanakan PPK. Dalam bimbingan tersebut guru praktikan
diharapkan menjadi calon guru atau calon tenaga kependidikan lain yang
profesional. Praktik mengajar pun menjadi salah satu penilaian yang utama oleh
Dosen Pembimbing Lapangan. Adapun beberapa kendala yang praktikan alami selama
melaksanakan praktik mengajar di MA Darul Ulum diantaranya
a. Praktikan masih merasakan adanya
rasa kurang percaya diri dalam menghadapi situasi kelas yang sebenarnya.
- Praktikan
belum mampu menghadapi aksi dan reaksi dari anak didik.
- Praktikan
belum mampu memfokuskan materi pembelajaran dikala guru pamong turut
mengawasi aktivitas yang berlangsung didalam kelas selama praktikan
mengajar.
1.3 Partisipasi di Sekolah Latihan
Di sekolah latihan selain melakukan praktik latihan
mengajar, juga ikut serta dalam kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar.
Misalnya membantu di tata usaha (TU), membantu kegiatan OSIS, dan membantu
kerja bakti.
1.4 Proses Bimbingan dengan Guru Pamong
dan Dosen Pembimbing
Kendala yang dialami pada saat melakukan bimbingan baik
dengan guru pamong maaupun dosen pembimbing adalah waktu, karena belum tentu
pada saat menginginkan bimbingan dengan guru pamong maupun dosen pembimbing
beliau bisa mendampingi. Ditambah lagi kantor praktikan dan kantor guru pamong
di pisah, di karenakan praktikan hanya mengajar di kelas putra sedangkan guru
pamong mengajar di kelas putri.
1.5 Lain – Lain
Selain beberapa masalah yang dihadapi diatas, ada beberapa
masalah yang dialami pada saat pelaksanaan PPK di MA Darul Ulum, diantaranya,
waktu pelaksanaan PPK yang hanya dua bulan. Hal tersebut yang menjadi masalah
bagi mahasiswa praktikan karena waktu dua bulan adalah waktu yang sangat
singkat untuk menggali informasi dan pengalaman sekolah latihan.
BAB II
FAKTOR PENYEBAB DARI MASALAH YANG
DIALAMI
2.1 Penyusunan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
Adapun sebab – sebab yang memuat praktik mengalami kesulitan
dalam menyusun RPP yaitu :
a. Sulitnya mengalokasi waktu dan
jumlah pertemuan di karenakan praktikan memegang dua buku yaitu Lembar
Kompetensi Siswa (LKS) dan buku pegangan untuk guru.
b.
Di
karenakan ruang guru pamong dan ruang guru praktikan di pisah, sehingga
praktikan dan guru pamong jarang ada komunikasi.
2.2 Latihan Praktik Mengajar
Masalah
– masalah yang terjadi saat latihan praktik mengajar yaitu :
a. Dalam mengelola kelas saya sering
mengalami kesulitan. Adapun penyebab yaitu ada beberapa siswa yang sulit
diatur, terkadang menyepelekan guru praktikan.
b.
Pada
saat didampingi guru pamong akan terlihat grogi dan kurang percaya diri karena
tidak bisa mengajar dengan leluasa, merasa takut apabila ada kata – kata yang
salah diucapkan.
2.3 Bimbingan belajar / Extrakulikuler
Masalah yang
dihadapi oleh praktikan dalam kegiatan ekstrakurikuler ini adalah membimbing
siswa pada saat latihan upacara bendera. Dimana praktikan juga mendapatkan
kesulitan untuk mengkoordinasi siswa, sehingga banyak siswa pada saat latihan
banyak yang bermain.
2.4 Partisipasi di Sekolah Latihan
Ketika praktikan melakukan partisipasi di sekolah latihan
ada beberapa masalah yang dihadapi yaitu:
a. Jadwal piket yang telah dibentuk
berbenturan dengan jadwal mengajar, sehingga praktikan tidak dapat melaksanakan
piket.
b. Pada saat pelaksanaan upacara
bendera, pelaksanaanya sering terlambat dan selesainya pun tidak tepat waktu
karena yang digunakan untuk mengatur peserta upacara khusus siswa. Karena kalau
tidak ada yang memandu untuk baris – berbaris mereka akan seenaknya sendiri,
sehingga barisan tidak teratur dan rapi.
2.5 Proses Bimbingan dengan Guru Pamong
dan Dosen Pembimbing
Dalam hal ini kendala yang sering dihadapi mengenai masalah
waktu. Kepadatan jadwal dosen pembimbing dan guru pamong membuat praktikan
mengalami kesulitan apabila ingin melakukan bimbingan di tamana lagi ruang guru
pamong dan guru praktikan di pisah jadi jarang ada komunikasi dengan guru
pamong.
2.6 Lain - Lain
Untuk masalah yang lain, keterlambatan siswa untuk hadir di MA
Darul Ulum. Yang seharusnya masuk jam 06:30 tapi masih ada yang datang pada jam
07:15. Dan ketika praktikan punya jam pertama ngajar, praktikan datang jam
06:30 tapi terkadang kantornya masih tutup dan siswa yang hadir masih sedikit
BAB III
UPAYA PENANGGULANGAN MASALAH
3.1 Penyusunan RPP
Dalam
penyusunan RPP sebaiknya :
a. Praktikan memutuskan untuk
menggunakan Lembar Kompetensi Siswa (LKS)
sebagai bahan ajar, sehingga mempermudah dalam mengalokasi wakti.
b. Guru pamong memberikan penjelasan bagaimana
menentukan indikator yang tepat sesuai dengan alokasi waktu.
c. Praktikan mendatangi kantor guru
pamong untuk meminta bimbingan dan RPP sebagai bahan rujukan untuk menyusun RPP
3.2 Latihan Praktik Mengajar
Dalam latihan praktik mengajar sebaiknya praktikan
meningkatkan rasa percaya diri, sehingga kendala-kendala yang mungkin timbul
dapat diantisipasi oleh guru praktikan.
3.3 Bimbingan
Belajar / Ekstrakurikuler
Siswa MA Darul
Ulum Sukosari Gondanglegi, banyak memiliki bakat dan potensi yang biasa dikembangkan dan disalurkan dalam
bidang ekstrakurikuler. Oleh karena itu, tertentunya sangat membutuhkan
dukungan materi dan moril pihak sekolah
maupun guru Dukungan tersebut sangat diperlukan dan dibutuhkan oleh siswa yang aktif
guna mengembangkan potensi yang dimilikinya.
3.4 Partisipasi di Sekolah Latihan
Upaya yang harus dilakukan sehubungan dengan masalah yang
timbul adalah masing-masing pihak yang berkepentingan disekolah hendaknya
menerapkan kedisiplinan yang mengarah pada terciptanya kesadaran masing masing
pihak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya khususnya dalam ketepatan waktu.
3.5 Proses Bimbingan dengan Guru Pamong
dan Dosen Pembimbing
Praktikan dituntut untuk dapat memanfaatkan waktu seefektif
dan seefisien mungkin sehingga akan mengurangi waktu yang kurang termanfaatkan
dengan baik.
3.6 Lain-lain
Upaya yang harus dilakukan sehubungan dengan masalah yang
timbul adalah sebagai berikut :
a. Menanamkan pemahaman kepada peserta
didik akan arti pentingnya kehadiran mahasiswa PPK.
b. Perlu upaya untuk menambah koleksi
perpustakaan sehingga diharapkan peserta didik akan lebih tertarik untuk
membacanya.
c. Menanamkan kedisiplinan kepada siswa
agar lebih bisa menghargai waktu.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
Kesimpulan
yang dapat diambil dari pelaksanaan PPK ini adalah :
a. Memperoleh pengalaman yang berharga dalam
hal mempraktikan proses belajar mengajar yang sesungguhnya.
b. Untuk terwujudnya proses
pembelajaran yang berkualitas praktikan dituntut untuk membekali diri dengan berbagai
macam ilmu sehingga dapat meminimalisasi kendala yang mungkin timbul.
c. Praktikan dituntut untuk memahami tentang
profesi guru yang mana tidak hanya mengajar tetapi juga mendidik.
d. Praktikan mendapatkan kesempatan untuk
menerapkan ilmu yang telah diperoleh dibangku perkuliahan, sehingga diharapkan praktikan
denganilmunya mampu menjadi tenaga kependidikan yang profesional.
4.2 Saran
Dari
pelaksanaan PPK praktikan menyarankan :
a. Mahasiswa PPK diharapkan mampu menerapkan
ilmu yang diperolehnya untuk dipraktikan dalam kegiatan belajar mengajar yang
sesungguhnya . Hal itu akan dapat tercapai apabila mahasiswa PPK terus melakukan
pembelajaran khususnya dalam bidang pendidikan.
b. Pihak sekolah sebagai wahana mahasiswa
PPK mempraktikan ilmunya sebaiknya menyediakan berbagai fasilitas yang
mendukung guna terciptanya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.
Comments
Post a Comment